Thursday, August 29, 2013

TUGAS MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN





Belajar dan Pembelajaran


Tugas!

1. Mencari referensi pendapat para ahli yang berkaitan dengan pengertian belajar, hasil belajar, contoh belajar dan contoh hasil yang nampaknya dari belajar tapi bukan hasil belajar!

Jawaban:


A. Pengertian belajar menurut para ahli:

a. Menurut Thursan Hakim.

Belajar adalah suatu proses perubahan di dalam kepribadian manusia, dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, keterampilan, daya pikir, dan lain-lain kemampuan.

b. Menurut Margaret Gredler, 1994.

Belajar adalah proses orang memperoleh berbagai kecakapan, keterampilan, dan sikap. Sehingga peserta didik dapat mengetahui hal-hal yang baru dan dapat meningkatkan pengetahuan yang dimilikinya, mengubah dari tidak tahu menjadi tahu, dari yang salah menjadi benar, dan dari kurang baik menjadi baik.

c. Menurut Riberu, 1982.

Belajar merupakan proses dan dalam proses ini orang berkenalan dengan salah satu pola lajkuatau memperbaiki salah satu pola laku yang telah dikuasainya. Belajar bisa berarti berkenalan dengan atau memperbaiki pemikiran, berkenalan dengan atau memperbaiki turturan bicara, berkenalan dengan atau memperbaiki tindakan/kegiatan.


B. Hasil belajar:

a. Hamalik (1995) mengatakan bahwa hasil belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku subjek yang meliputi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor dalam situasi tertentu berkat pengalamannya berulang-ulang.

b. Sudjana (2005) mengatakan bahwa hasil belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang mencakup bidang kognitif, afektif, dan psikomotor yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya.


C. Contoh Belajar:

Seorang siswa kelas III SD bernama Andi mendapatkan hadiah sebuah sepeda dari ayahnya. Lalu ia mencoba mengendarainya dengan cara mendorong sepeda dengan kaki kiri, kemudian kaki kanan sambil mengayuh pedal. Dia terus menerus mengayuh sepedanya hingga bisa mengayuh 2, 3 kayuhan, atau bahkan lebih sampai akhirnya dia bisa mengendarai sepedanya dengan baik dan lancar. Perilaku “mendorong” dan “mengayuh” tersebut merupakan respon atau reaksi atas rangsangan yang timbul pada sepeda itu.


D. Contoh hasil yang nampaknya dari belajar tapi bukan hasil belajar:

Tidak semua perubahan tingkah laku dapat disebut belajar. Di bawah ini merupakan contoh hasil yang nampaknya dari belajar tapi bukan hasil belajar.

Siska adalah seorang anak yang baik dan pendiam. Dia lulusan dari sebuah pondok pesantren. Suatu hari, ia pindah ke Jakarta bersama tantenya. Disana dia mendapatkan banyak teman baru. Namun, kini ia sering pulang malam, sering mampir ke diskotik dan sering membawa teman lawan jenisnya. Hingga akhirnya dia hamil di luar nikah.

Perubahan pada Siska ini bukanlah karena proses belajar tetapi karena perubahan lingkungan yang menyebabkan perubahan perilaku pada dirinya.

Share this

0 Comment to "TUGAS MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN"

Post a Comment